Diberdayakan oleh Blogger.
Meretas Jalan Masa Depan

Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah

Rabu, 10 Juni 2009

Pembuatan Irigasi Kali Cipinggan Disambut Warga

Warga Desa Tamanjaya Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak menyambut gembira dengan dibangunnya irigasi kali Cipinggan. Pasalnya, pembangunan irigasi tersebut telah lama dinanti warga desa. Pembangunan irigasi kali Cipinggan yang kini sedang dikerjakan, nantinya akan berdampak baik akan kelangsungan hidup para petani di Desa Tamanjaya.

Ramli (55) tokoh masyarakat Desa Tamanjaya, belum lama ini mengatakan, pembangunan irigasi kali Cipinggan tersebut merupakan dambaan para warga petani Desa Tamanjaya. Untuk itu, segenap petani Desa Tamanjaya sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan dan peduli akan kebutuhan para petani.

Masih dikatakan Ramli, apabila pembangunan irigasi kali Cipinggan telah selesai dikerjakan, maka akan berfungsi mengaliri areal persawahan seluas 150 hektare yang tersebar di 6 Blok areal persawahan, diantaranya areal persawahan di Blok Cikemplong, Leuwi Urug, Kadu Kasep, Cikaracak, Nangka Geuhgeur dan Blok Taman. Kemudian, lanjut Ramli, akan dapat pula meningkatkan hasil produktifitas hasil panen padi milik petani.

“Apabila pembangunan irigasi kali Cipinggan selesai dikerjakan dan dapat berfungsi mengaliri areal persawahan, kami yakin, hasil panen padi petani akan mengalami peningkatan,” kata Ramli yang juga seorang petani, kepada Banten Ekspose.

Terpisah, Kepala Desa Tamanjaya, Eeng Sutisna saat ditemui Banten Ekspose di kediamannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lebak atas dilaksanakannya pembangunan irigasi di desanya. Menurutnya, pembangunan irigasi tersebut banyak manfaat yang akan diambil oleh warga desa khususnya para petani di Desa Tamanjaya.

Dikatakan Eeng, walaupun kegiatan pembangunan irigasi tersebut dikerjakan oleh pihak ketiga (rekanan –red) namun, dalam pantauan pihaknya pelaksanaan dilapangan sangat bagus dan baik sesuai RAB. Terlebih lagi, kata Eeng, pihak rekanan tersebut dapat diajak kerjasama dengan merekrut sebanyak 35 warga desa untuk dijadikan pekerja pada proyek pembangunan irigasi tersebut.

“Alhamdulillah, pantauan kami dilapangan, kegiatan pembangunan irigasi tersebut berjalan dengan baik, lancar dan sesuai harapan. Hal itu, dikarenakan para tenaga kerjanya seluruhnya diambil dari warga desa Tamanjaya,” kata Eeng.

Dalam pembangunan irigasi kali Cipinggan tersebut, lanjut Eeng lagi, memiliki volume panjang irigasi 1 kilometer, yang nantinya akan mengaliri luas areal persawahan 150 hektare yang terdapat di 6 Blok areal persawahan di Desa Tamanjaya. Namun, pihaknya sangat berharap sekali kepada pemerintah untuk dapat menambah volume panjang irigasi sekitar 1,5 kilometer lagi, guna memaksimalkan kebutuhan petani akan air agar dapat mengaliri persawahannya dalam rangka meningkatkan produktifitas hasil panen padi yang tersebar di 6 Blok tersebut.

“Dengan tidak mengurangi rasa terimakasih kami kepada pemerintah. Dengan maksud memaksimalkan fungsi air agar dapat mengaliri areal persawahan dan meningkatkan produktifitas panen padi petani. Untuk itu kami memohon agar pemerintah dalam hal ini untuk dapat memperpanjang volume irigasi dengan menambah 1,5 kilometer lagi. Kami yakin apabila keinginan kami itu dapat terealisasi, maka Desa Tamanjaya akan menjadi lumbung padi di Kecamatan Cikulur,” kata Eeng. (Sudrajat)

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP